Tak Ada Yang Bisa Gantikan Messi

Bakal ada banyak pesepakbola hebat di masa mendatang, namun tidak satu pun yang bakal dapat menjadi pengganti Lionel Messi di dunia persepakbolaan dunia. Messi terlalu hebat untuk digantikan.

Seperti itulah penilaian eks gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, Xavi Hernandez. Xavi menilai, usai Messi pensiun kelak, tak bakal ada lagi pemain dengan kualitas yang sama.

“Menurut saya, tak ada penerus Messi. Tak bakal pernah ada. Bakal ada pemain-pemain yang amat bagus, namun tak satu pun yang bisa mencapai di level Messi,” kata Xavi.

Messi berubah menjadi salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah sepakbola setelah menjalani debut di tim utama Barca pada 2004 silam. Dia adalah top skorer sepanjang masa Barca yakni 453 gol dan menjadi pencipta gol paling banyak di arena La Liga yakni 312 gol.

Messi berhasil membawa Barca memenangkan delapan gelar La Liga, empat gelar Copa del Rey, dan empat gelar Liga Champions. Pada tingkatan individu, dia telah lima kali mendapatkan Ballon d’Or, lebih banyak dibanding pesepakbola mana pun.

Xavi menilai, di masa depan Neymar atau Eden Hazard mungkin saja menjadi pesepakbola terbaik di dunia. Akan tetapi, dia yakin level pesepakbola-pesepakbola tersebut tak akan pernah sama seperti Messi.

“Walaupun mereka kini berupaya menjual cerita persaingan Cristiano (Ronaldo) dan Messi, orang-orang yang mengerti sepakbola tahu bahwa tak ada perbandingan,” ucapnya.

“Saat Messi menyelesaikan kariernya, bakal ada Neymar, Hazard, lima atau sepuluh pesepakbola di level yang menyerupai, namun tak satu pun dengan kehebatan seperti Messi,” tambah Xavi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *