Skuat Inggris Diharapkan Untuk Hilangkan Rasa Takut

Timnas Inggris yang bakal bertarung di Piala Eropa 2016 diharapkan supaya melakukan aksi di Prancis nanti tanpa rasa gentar atau takut melakukan kesalahan.

The Three Lions asuhan Roy Hodgson bakal mulai beraksi di Piala Eropa pada 11 Juni dengan bertarung melawan Rusia, sebelum akhirnya menghadapi Wales dan Slovakia yang juga ada dalam satu grup dengannya.

“Hilangkan penilaian tentang siapa yang kelak dapat memberikan kerugian pada skuat. Terdapat ketakutan akan menjadi ‘orangnya’ dan lalu bisa berubah menjadi sikap yang egois,” kata eks striker Inggris Michael Owen.

“Bakal ada satu orang yang dikucilkan semua orang, pers, media, dan lainnya, namun para pemain mesti berjiwa besar, tak terganggu olehnya, dan betul-betul melakukan apa yang terbaik bagi tim.”

“Selama beberapa tahun belakangan telah ada ketakutan bahwa kami bakal menyaksikan seseorang tak berhasil mengeksekusi penalti atau diberi kartu merah dan mengakibatkan kerugian pada tim. Satu negara lalu bakal bersatu-padu dalam mengucilkan pemain itu.”

“Di dalam kubu terdapat rasa takut, atau telah pasti seperti itu di era saya, dengan Anda tidak ingin menjadi sosok itu yang dikucilkan semua orang, dianggap seperti penjahat, dan Anda yang tak berhasil mengeksekusi penalti dan mereka bakal membuat iklan pizza mengenai Anda,” tambahnya.

Usai Inggris ditundukkan Jerman dari semifinal Piala Eropa 1996, Gareth Southgate menjadi sebuah icon dalam sebuah iklan Pizza Hut. Dalam ajang itu Southgate merupakan satu-satunya pesepakbola yang tak berhasil menyelesaikan penalti setelah bermain seri 1-1 kontra Jerman di extra time.

Dalam Piala Dunia 1998 di Prancis, David Beckham diberi kartu merah usai melakukan pelangaaran terhadap Diego Simeone sebelum akhirnya timnas Inggris kalah ketika adu penalti menghadapi Argentina di partai babak 16 besar itu.

Lalu di Piala Dunia 2006 di Jerman, Wayne Rooney juga diberi kartu merah usai membuat pelanggaran terhadap Ricardo Carvalho saat Inggris kalah dari Portugal di perempatfinal, sama seperti terdahulu melalui adu penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *