Santos Membayar Kegagalan 12 Tahun Lalunya

Kesuksesan pelatih Portugal, Fernando Santos, dalam membawa tim besutanya menjadi juara Piala Eropa 2016, Minggu (10/7/2016), berhasil mengukir sebuah kisah manis pada pelatih buangan Yunani ini.

Santos mengasuh Portugal sejak September 2014 atau tiga bulan usai melepaskan kendali di Yunani. Federasi Sepak Bola Yunani (HFF) menolak untuk memperpanjang kontrak manajer berusia 61 tahun itu. Hasil yang buruk menjadi alasan berakhirnya langkah Santos bersama tim berjulukan Galanolefki. Mereka disisihkan Kosta Rika melalui titik putih pada putaran 16 besar Piala Dunia 2014, 29 Juni 2014.

Pada laga pamungkasnya, Santos terpaksa keluar lapangan lantaran diusir oleh wasit. Disebabkan perbuatan tidak sportifnya, dia juga diberi skorsing delapan laga, lalu dikurangi menjadi enam setelah banding. Selama empat tahun membesut Yunani, Santos tak bisa menyamai pencapaian pendahulunya, Otto Rehhagel. Pelatih terakhir yang membawa tim yang tidak diunggulkan itu menjuarai Piala Eropa 2004 dengan menundukkan Portugal di final.

Ketidakberhasilan Portugal 12 tahun lalu dibayar oleh Santos tahun ini di kompetisi Piala Eropa. Seleccao, nama panggilan mereka, berhasil menjuarai kompetisi tersebut usai menang 1-0 atas tuan rumah melalui paruh penambahan waktu. Dia masih memakai cara Yunani disetiap laga pada turnamen ini. Portugal tak ragu bermain dengan strategi defensif. Strategi itu ditunjukkan oleh statistik final yang memperlihatkan hanya 3 attempts diberikan Portugal berbanding 7 milik Prancis.

Di tangan Santos, Portugal maupun Yunani sama-sama susah untuk ditaklukkan. Enam tahun lalu, Santos mengawali kariernya di Yunani dengan perolehan 17 laga tanpa kalah.

Langkah Portugal di Piala Eropa kali ini juga seperti itu. Pada waktu normal, enam dari tujuh pertandingan yang dilewati mereka berakhir seri. Seleccao baru dapat memperoleh kemenangan dalam 90 menit di semifinal saat berhadapan dengan Wales, Rabu (6/7/2016).

“Kami bermain sederhana seperti merpati dan cerdik layaknya ular,” ucap Santos usai pertandingan final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *