Ekstra Kerjas Keras Portugal di Piala Eropa 2016

Pencapaian Portugal melaju ke putaran final Piala Eropa 2016 tidaklah diraih dengan mudah. Pada awal turnamen A Selecao das Quinas sempat berperforma tidak meyakinkan di laga-laga yang mereka lewati.

Pada saat fase grup, Portugal terisi di Grup F yang juga terdiri dari tim Islandia, Hongaria, dan Austria. Di antara tim itu, Portugal lah yang dinyatakan sebagai favorit untuk menuju ke fase gugur. Namun semua yang di prediksi di atas kertas tidak sama dengan yang terjadi di atas rumput hijau. Portugal malahan kesusahan di fase grup dan tidak menorehkan kemenangan.

Laga pertama berhadapan dengan tim debutan Islandia, Portugal hanya memperoleh satu poin. Meskipun sempat mendahului terlebih dulu melalui gol Nani, Portugal akhirnya mesti puas dengan hasil yang mereka toreh yakni imbang 1-1. Portugal lagi-lagi memperoleh pertandingan dengan skor imbang di kala melawan Austria di laga kedua dengan skor akhir 0-0. Lantas di laga ketiga, Portugal juga berimbang 3-3 kontra Hongaria meskipun sempat tertinggal hingga tiga kali.

Cuma memperoleh tiga poin dari tiga pertandingan, Portugal berhasil finis di posisi ketiga di Grup F. Namun tim besutan Fernando Santos itu masih memperoleh kedudukan di putaran 16 besar melalui jalur tim peringkat tiga terbaik. Di antara tim-tim peringkat tiga, Portugal menduduki posisi ketiga dari empat kedudukan yang ada.

Di putaran 16 besar, Portugal menghadapi tim Kroasia. Portugal mesti menjalani paruh penambahan waktu untuk menaklukkan Kroasia. Berduel imbang 0-0 hingga waktu normal habis, Portugal akhirnya berhasil menaklukki 1-0 melalui satu-satunya gol Ricardo Quaresma di menit ke-117.

Portugal juga harus kembali bekerja ekstra keras di putaran perempatfinal. Saat itu, Polandia baru dapat mereka terjang melalui drama tos-tosan usai bermain 1-1 hingga 120 menit. Kemenangan yang cukup menjanjikan baru bisa diraih Portugal di partai semifinal. Berhadapan dengan Wales, Cristiano Ronaldo dkk. sukses menundukkan 2-0 atas Wales. Itu merupakan kemenangan perdana yang peroleh Portugal di waktu normal di Piala Eropa 2016.

Portugal sekarang telah dinantikan Prancis pada putaran final yang akan diselenggarakan di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7/2016) pukul 02.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *